Upaya menangani gangguan pada sistem pencernaan manusia

Cara Cegah Gangguan Pencernaan


Agar terhindar dari berbagai gangguan pencernaan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat


Makanan berserat merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan pola makan tinggi serat, sebenarnya tidak hanya pencernaan yang menjadi sehat, tetapi juga risiko penyakit dapat dicegah, contohnya diabetes, penyakit jantung koroner, dan banyak lagi.

2. Kunyah Makanan dengan Baik



Mengunyah merupakan salah satu bagian yang paling penting dari pencernaan, tetapi mungkin justru yang paling terlupakan. Mengunyah tidak hanya membantu memecah makanan, tetapi juga merupakan tanda dari kelenjar ludah, lambung, dan usus kecil untuk mulai melepaskan enzim pencernaan. 

3. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Antasida


Ketika gejala maag atau naiknya asam lambung muncul, mengonsumsi antasida mungkin merupakan salah satu langkah yang akan segera diambil. Antasida adalah jenis obat yang digunakan untuk menetralkan kadar asam di lambung.

4. Rutin Berolahraga dan Hindari Stres

Selain membantu mempertahankan gaya hidup sehat, olahraga juga dapat menyehatkan pencernaan. Aktivitas fisik benar-benar dapat membantu mengurangi masalah pencernaan. Sementara stres di sisi lain dapat memiliki efek negatif pada pencernaan. Jadi, sebisa mungkin, rutinlah berolahraga dan hindari stres.



sumber : https://www.halodoc.com/artikel/begini-4-cara-cegah-gangguan-pencernaan

Posting Komentar

0 Komentar