Sel Tumbuhan

 Pengertian Sel Tumbuhan

Sel berasal dari bahasa latin yaitu cella yang artinya kecil, sehingga Sel Tumbuhan dapat diartikan sebagai bagian terkecil dari tumbuhan. Pengertian Sel Tumbuhan adalah suatu unit satuan kecil memiliki selaput tipis yang didalamnya terdapat larutan koloid senyawa kimia.

Keunggulan utama dari sel tumbuhan yaitu mampu membuat duplikatnya sendiri dengan cara membelah sel. Sel sendiri merupakan bagian dari protoplasma yang menjadi bagian substansi dari sel hidup. Bentuk dari sel hidup berupa sel tunggal atau uniseluler.

Jenis-jenis sel beserta fungsinya :

1. Sel Parenkim.

Sel parenkim berfungsi untuk menyokong berdirinya suatu tumbuhan dan menjadi dasar bagi seluruh struktur dan fungsi pada tumbuhan. Sel parenkim merupakan sel yang mempunyai beberapa fungsi dari penyimpanan, tempat floem dan dukungan dalam proses fotosintesis.

Sel parenkim juga memiliki sitoplasma dan dinding primer yang tipis. Sel ini hidup ketika dewasa dan bertanggung jawab pada fungsi biokimia. Selain itu, sel parenkim juga tumbuh menjadi duri yang berguna untuk mencegah hewan herbivora yang ingin memakannya.

2. Sel kolenkim.

Ada juga sel kolenkim yang merupakan bagian dari sel parenkim yang mengandung banyak kloroplas. Fungsi dari sel kolenkim yaitu memiliki peran penting dalam proses fotosintesis. Sebagian besar fungsi dari sel parenkim yaitu sebagai penyimpanan seperti umbi kentang dan kotiledon dari biji-bijian.

3. Sel Skelerenkim.

Sel Sklerenkim yaitu sel keras dan tangguh yang dapat memberi kekuatan pada tumbuhan. Sel ini berkembang di dalam tubuh tumbuhan sekunder dan tumbuhan primer. Dinding sel cukup tebal, sekunder dan berlignin. Namun ketika dewasa, protoplas sel sklerenkim bisa menghilang.

sumber : https://perpustakaan.id/sel-tumbuhan/

Posting Komentar

0 Komentar